Kamis, 08 Januari 2015

What Chinese Peope Eat at Breakfast?

Hello, Dragon Flames Friends!
Pada artikel ini, admin akan membagi informasi mengenai salah satu kebiasaan makan orang-orang China di Pagi hari. Kalau kamu biasa makan nasi uduk, lontong sayur, nasi ketan dan lain sebagainya, nah... Kalau mereka, apa sih yang jadi bahan santapannya? Yuk simak artikel berikut!

1. DIMSUM


Siapa sih yang nggak mengenal hidangan satu ini? Yap! Dim Sum, yang memiliki arti "menyentuh hati" adalah salah satu jenis sarapan pagi yang dapat kamu temui diseluruh kota pecinan di seluruh dunia. Makanan ini bermula di daerah Selatan China sebagai makanan cemilan yang dimakan sembari menemani minum yum cha atau waktu minum teh. Makanan mungil ini sangat lezat disantap oleh berbagai kalangan.
Jenis dim sum tradisional contohnya adalah dumpling (pangsit) atau gao. Kedua jenis ini biasanya diisi dengan sayuran, udang, tofu atau daging yang dibungkus dengan gandum atau kulit tepung beras. Jenis hidangan lain dari dimsum ini adalah bao, yang dipanggang atau roti rebus, baso, kaki ayam (atau lebih dikenal sebagai "Phoenix Claws"). Varietas Dim sum ini hampir dikatakan tidak memiliki batas.
Sebagai pendamping, orang-orang China biasanya meminum teh pada pagi hari. Jenis teh dapat berupa teh hijau, oolong, jasmine,chrysantheum atau jenis lainnya.

Mau makan dim sum enak dan murah banget di Kemang, Jakarta?
Klik disini untuk info --> dim sum enak murah

2. Congee



Congee adalah sejenis bubur beras ala China. Biasanya, congee disajikan dengan menggunakan beberapa topping seperti asinan sayuran, kacang adzuki, kacang-kacangan, tofu dan daging. Topping tersebut berbeda sesuai dengan daerah yang memproduksinya.
Selain topping yang telah disebutkan, Century Eggs juga kerap disajikan bersama congee ini. Century Egg sendiri dapat berupa telur ayam, telur burung puyuh atau telur bebek yang telah diawetkan dalam basa (alkaline) sehingga memiliki warna yang kelam, biasanya berwarna hijau kehitam-hitaman dengan kuning telur yang lembek. Biasanya, congee disajikan bersama teh telur, yaitu teh yang telah dibumbui dengan racikan tersendiri.

3. Mie


Beberapa orang China menikmati santapan mie sebagai menu sarapan paginya. Tentunya, hidangan mie ini memiliki jenis yang beragam, sejak China sangat identik dengan hidangan yang satu ini.
Di Utara China, dimana gandum adalah pangan pokok, orang-orang memakan semangkuk mie gandum yang panas dan memiliki cita rasa yang kaya sebagai santapan pagi hari mereka. Mie beras lebih sering dimakan didaerah Selatan, bersamaan dengan kentang rebus manis, yang menjadi salah satu ciri khas daerah selatan.
Di Wuhan, mie kering dan panas dimakan sebagai santapan di pagi hari bagi hampir seluruh orang. Makanan ini disajikan dengan cara memniyaki mie yang tengah dimasak dan mengeringkannya, lalu menambahkan bumbu pedas. Hasilnya, mie sangat kenyal dan lezat. 

4. Susu Kacang Kedelai



Siapa sangka kalau susu kacang kedelai hangat menjadi salah satu minuman penting untuk diminum di pagi hari bagi orang-orang China? Biasanya, jenis minuman ini diminum bersamaan dengan youtiao, yaitu semacam cakwe. Mereka memakan ini hampir seperti orang barat yang mencelupkan donat kedalam kopi mereka.


5. Zongzi


Zongzi adalah sejenis pangsit yang terbuat dari beras ketan manis yang dibungkus oleh daun bambu lalu dikukus. Zongzi memiliki beragam rasa lezat dan dapat ditemukan di warung pinggir jalan. Zongzi biasanya dikenal di setiap festival makanan dan sering dimakan selama acara Dragon Boat Festival. Sebagai contoh, Zongzi ini memiliki bentuk seperti bacang, salah satu cemilan Indonesia.

6. Baozi


Orang-orang China memakan Baozi -roti kukus isi, yang biasanya kita sebut dengan sebutan Bakpao. Roti kukus isi dapat dimakan pada saat apapun sebenarnya, namun lebih populer dimakan di pagi hari. Baozi sendiri dapat diisidengan daging babi, sayuran seperti bayam dan terong, telur, atau selai kacang, dengan pilihan rasa tak terbatas, baik manis maupun asin. Baozi sangat terkenal sebagai makanan jalanan di China.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar